materi Pay Per Click kelas 12 bdp
PPC: Panduan Pay-Per-Click Marketing Untuk Bisnis
Mungkin Anda pernah melihat hasil pencarian Google dengan tanda Ads di depannya. Kalau Anda belum tahu, ini sebenarnya adalah iklan. Dari berbagai jenis digital marketing, pay-per-click marketing atau PPC adalah salah satu strategi internet marketing yang cukup banyak digunakan. Di artikel kali ini kami akan membahas tentang apa itu PPC, mengapa orang melakukan PPC, dan bagaimana caranya.
Apa itu PPC?
PPC adalah singkatan dari pay-per-click. Ini adalah jenis digital marketing dimana sebuah bisnis membayar setiap kali iklan mereka diklik. Cara kerja PPC bisa digambarkan dengan membeli visit atau kunjungan ke website Anda dan bukan mendapatkan traffic website secara organic.
Beberapa Jenis Iklan PPC
Setelah mengatahui apa itu pay per click, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenisnya. PPC sendiri terdiri dari beberapa macam iklan, yaitu:
Search advertising
Social advertising
Anda juga mungkin pernah melihat iklan saat Anda sedang scroll feed Instagram atau Facebook Anda.
Meskipun sering dikategorikan sebagai social media marketing, ini juga sebenarnya merupakan bagian dari PPC. Sama halnya dengan search advertising, Anda juga hanya akan membayar jika ada yang mengklik link yang Anda sertakan di postingan social media tersebut.
Remarketing
Mungkin Anda pernah mengunjungi sebuah website dan melihat iklan mereka muncul di website lain atau feed social media Anda; ini adalah remarketing.
Ini juga menjadi salah satu metode PPC yang dianggap paling efektif karena strategi ini menargetkan orang-orang yang memang sudah tertarik dengan website, brand, atau bisnis Anda. Remarketing bersifat mengingatkan pengunjung website agar kembali lagi ke website Anda dan melakukan transaksi.
Display advertising
Display advertising memperlihatkan iklan Anda di semua website partner Google. Anda bisa memilih audience iklan agar lebih tepat sasaran. Dengan begini Anda tidak membuang waktu dan biaya. Dengan menggunakan text dan gambar, iklan Anda tentunya akan menjadi lebih menarik.
Google shopping
Kalau Anda sedang mencari barang di Google, Anda mungkin pernah melihat kotak-kotak yang mengarahkan Anda ke halaman produk yang Anda cari di berbagai website e-commerce, seperti gambar di bawah ini:
Jika bisnis Anda bergerak di bidang e-commerce, Google Shopping bisa sangat membantu karena pembeli dapat melihat langsung gambar barang, nama produk, dan harganya sebelum mereka masuk ke website Anda. Dengan ini, kemungkinan terjadinya transaksi menjadi lebih tinggi dan return on investment (ROI) Anda bisa menjadi lebih maksimal.
Komentar
Posting Komentar